Kutukan Tim Garuda, Mampukah Tumbangkan Malaysia?



Tim Nasional (Timnas) U-16 akan menghadapi Malaysia di semifinal Piala AFF U-16 2018 yang berlangsung di Gelora Delta Sidoarjo, Kamis 9 Agustus 2018 mulai pukul 19.00 WIB. Jika melihat catatan di fase grup, Garuda Asia –julukan Timnas Indonesia U-16– lebih diunggulkan untuk meraih kemenangan.
Sebab, Amiruddin Bagus Kahfi dan kawan-kawan berpengalaman mengalahkan tim-tim besar seperti Myanmar (2-1) dan Vietnam (4-2). Berbeda dengan Malaysia yang takluk 1-2 dari Thailand di fase grup dan harus susah payah sebelum mengalahkan Laos 1-0.


Meski begitu, Timnas Indonesia U-16 pantang menganggap remeh skuad Harimau Muda tersebut. Mengapa? Sebab saat bertemu Timnas Malaysia di segala kelompok umur dalam beberapa tahun terakhir, Timnas Indonesia sering mengalami kesulitan.
Di laga resmi atau di luar laga persahabatan, Timnas Indonesia beberapa kali bertemu Malaysia. Akan tetapi, kemenangan terakhir Timnas Indonesia atas Malaysia terjadi lima tahun lalu, tepatnya di semifinal SEA Games 2013 yang berlangsung di Myanmar.
Saat itu, Timnas Indonesia U-23 racikan Rahmad Darmawan menang 4-3 via adu penalti, setelah sebelumnya di waktu normal skor sama kuat 1-1. Setelah itu, Timnas Indonesia di segala kelompok umur beberapa kali bersua Malaysia.
Pada 2017, Timnas Indonesia U-23 dikalahkan Malaysia 0-3 di Kualifikasi Piala Asia U-23 2018. Kekalahan juga dialami Garuda Muda –julukan Timnas Indonesia U-23– saat ditumbangkan lawan yang sama di semifinal SEA Games 2017.
Di tahun yang sama, kekalahan juga dialami Timnas Indonesia U-19 saat bertemu Malaysia di Kualifikasi Piala Asia U-19 2018. Bermain di Stadion Paju Publik, Korea Selatan, tim asuhan Indra Sjafri itu takluk 1-4. Kekalahan juga kembali dialami Timnas Indonesia U-19 dari Malaysia di semifinal Piala AFF U-19 2018 yang berlangsung di Sidoarjo. Saat itu, Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan kalah dengan skor 2-3 via adu penalti. Karena itu, Timnas Indonesia U-16 wajib memasang kewaspadaan tinggi.
Apalagi pada laga uji coba terakhir yang berlangsung di Malaysia pada awal Juli 2018, Timnas Indonesia U-16 takluk 3-4 dari sang lawan. Karena itu, tugas berat diemban David Maulana serta kolega untuk menghentikan rentetan hasil buruk saat bertemu Malaysia di turnamen resmi.
Sumber: okezone.com

close
==[ Close ]==